Timnas Indonesia - Image : FIFA


NGOPILOTONG.COM,  -  Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, berhasil membawa perubahan signifikan dalam peringkat FIFA Timnas Indonesia. Dalam rilis terbaru ranking FIFA yang dirilis pada Kamis (4/4/2024), Timnas Indonesia melonjak delapan peringkat dari posisi 142 menjadi 134 dunia.


Lonjakan peringkat ini menjadikan Indonesia sebagai tim dengan kenaikan peringkat terbesar dalam ranking FIFA kali ini. Bahkan, Indonesia berhasil melampaui posisi Malaysia dalam ranking FIFA, suatu pencapaian yang tidak terjadi sejak 2018.


Image : FIFA


Keberhasilan Indonesia dalam memperbaiki posisi di ranking FIFA sebagian besar berkat dua kemenangan yang diraih atas Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda meraih kemenangan 1-0 di SUGBK pada 21 Maret 2024 dan kemudian menang 3-0 di Stadion My Dinh, Hanoi, pada 26 Maret 2024.


Dengan pencapaian ini, Shin Tae-yong berhasil meningkatkan peringkat Indonesia sebanyak 41 peringkat dalam ranking FIFA. Sebelum kepemimpinannya, Indonesia berada di peringkat FIFA ke-175 pada September 2021.


Image : FIFA


Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi pencapaian ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Timnas Indonesia. Erick juga memberikan dorongan kepada tim untuk terus bekerja keras agar bisa mencapai hasil yang lebih baik di masa mendatang.


Selanjutnya, Indonesia akan melanjutkan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dengan menjamu Irak dan Filipina pada bulan Juni mendatang. Dengan meraih kemenangan dalam dua pertandingan tersebut, Indonesia berpotensi untuk menembus peringkat 120 FIFA. Selain itu, Tim Merah Putih juga dipastikan lolos ke babak ketiga kualifikasi sebagai runner-up Grup F jika berhasil meraih tambahan tiga poin.


Penulis   :  Zulfi

Editor     :  Zumardi


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS