NGOPILOTONG.COM,  -  Pemilihan Kepala Daerah serentak pada tanggal 27 November 2024 masih beberapa bulan lagi, tetapi partai politik telah aktif dalam upaya lobbying dan mendukung calon gubernur serta calon wakil gubernur di berbagai daerah. Salah satu daerah yang menjadi sorotan adalah Pilgub Jawa Timur. Sejumlah partai politik telah berkomunikasi dengan petahana, Khofifah Indar Parawansa, untuk menjajaki peluangnya dalam Pilgub Jawa Timur. Sebelumnya, Khofifah telah menjadi tim sukses dan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.


Dikutip dari YT. Harian Kompas, Koalisi Indonesia Maju, yang terdiri dari partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Partai Demokrat, telah memberikan dukungan penuh kepada Khofifah untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur 2024. Menariknya, popularitas Khofifah telah mendorong partai non-koalisi Prabowo-Gibran untuk mendekatinya. Ketua DPD PDIP Jawa Timur, Said Abdullah, menyatakan bahwa partainya telah berkomunikasi dengan partai lain dan memuji kinerja Khofifah yang dianggap layak untuk mendapatkan dukungan.


Sementara itu, Ketua DPW PKS Jawa Timur, Irwan Setiawan, juga telah menjajaki komunikasi politik dengan Khofifah. Irwan Setiawan menyebut Khofifah sebagai satu-satunya kandidat yang muncul saat ini, yang menurutnya layak mendapat perhatian dalam Pilgub Jawa Timur 2024.


Kinerja kepemimpinan Khofifah sebagai gubernur mendapat apresiasi luas, terutama dari hasil survei opini publik yang dilakukan oleh Litbang Kompas di Jawa Timur pada Januari 2022. Survei tersebut menunjukkan bahwa 75,3% warga Jawa Timur memberikan respons positif terhadap kinerja pemerintahan Khofifah. Selain itu, sebagian besar pemilih di Jawa Timur menilai Khofifah layak untuk memimpin skala nasional.


Dukungan terhadap Khofifah terbilang merata di berbagai kabupaten dan kota di Jawa Timur. Hal ini juga terkait dengan peran Khofifah sebagai tokoh penting dalam NU, terutama sebagai Ketua Muslimat NU. Sebagai badan otonom Nahdatul Ulama yang bergerak dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, Khofifah telah membangun reputasi yang kuat dan menjadi salah satu figur yang dihormati di Jawa Timur sejak tahun 2000 hingga kini.


Dengan dukungan dari berbagai partai politik dan apresiasi yang luas dari masyarakat Jawa Timur, Khofifah memiliki peluang yang besar untuk maju dan sukses dalam Pilgub Jawa Timur 2024.


Penulis   :  Zulfi

Editor     :  Zumardi


Baca Artikel Lainnya di GOOGLE NEWS