NGOPILOTONG.COM   -  Presiden Joko Widodo membuka Muktamar Sufi Internasional 2023 diselenggarakan di Sahid International Convention Center, Kota Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, pada 29 Agustus 2023. Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan muktamar tersebut, yang diyakini dapat meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai contoh negara Islam moderat.


Dikutip dari akun Youtube Lima Seddi News, Presiden juga menilai bahwa muktamar ini penting untuk menunjukkan bahwa Islam Indonesia tidak lagi berada di pinggiran, tetapi memiliki peran penting dalam membangun peradaban dunia yang damai dan harmonis. Presiden berharap muktamar ini dapat menjadi inspirasi dan teladan bagi dunia Islam.


Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada para ulama dan tokoh agama yang senantiasa mengajarkan kerukunan dan toleransi di tengah keberagaman. Presiden meyakini bahwa sikap moderat dan saling berinteraksi dapat memperkuat persatuan dalam keberagaman.


Presiden juga bersyukur bahwa Indonesia mampu menjaga toleransi dan persatuan berkat karakter moderat yang dimiliki bangsa Indonesia. Meskipun masih ditemukan sikap intoleransi, Presiden meyakini bahwa amalan tasawuf dengan nilai-nilai humanisme yang universal memiliki peran penting dalam memperkokoh toleransi.


Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi