NGOPILOTONG.COM   -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah Kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sinjai. Salah satunya dengan menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), bibit tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan.


Pada tahun 2023, Pemkab Sinjai melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Sinjai telah menyalurkan bibit kopi sebanyak 120.000 pohon untuk 120 hektare di Kecamatan Sinjai Tengah. Selain itu, juga disalurkan bantuan bibit pala sebanyak 7.625 pohon untuk 61 hektare yang tersebar di Kecamatan Sinjai Borong, Sinjai Tengah, Sinjai Barat, dan Sinjai Selatan.


Pemkab Sinjai juga menyalurkan bantuan padi mandiri benih sebanyak 87.875 kilogram untuk 3.515 hektare, dan bantuan benih padi Biosertifikasi sebanyak 7.350 kilogram untuk 294 hektare.


Kepala DTPHP Sinjai, H. Kamaruddin, mengatakan bahwa bantuan-bantuan tersebut merupakan bukti kepedulian Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa - dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong, terhadap sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor andalan Kabupaten Sinjai.


Terbaru, DTPHP Sinjai telah menyalurkan bantuan bibit kelapa genjah yang bersumber dari APBN. Bantuan ini murni diusulkan oleh DTPHP Sinjai untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Sinjai.


Ada sebanyak 11.000 bantuan bibit yang disalurkan kepada 16 kelompok tani di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tellulimpoe, Bulupoddo, dan Kecamatan Sinjai Timur.


Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa, dijadwalkan akan ikut menyerahkan bantuan bibit kelapa genjah tersebut secara simbolis dalam waktu dekat.


Koordinator Tanaman Kelapa dan Palma Lain, Direktorat Tanaman Sawit dan Palma Lain, Ditjen Perkebunan Kementan RI, Ir. Chandra, MM, mengatakan bahwa bantuan bibit kelapa genjah yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Sinjai adalah murni usulan dari Pemkab Sinjai, bukan aspirasi dari DPR.


Bantuan tersebut memang telah dijanjikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menerima penghargaan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) tahun 2022.




Baca Berita Lainnnya di Google News

Jasa Branding dan Pasang Iklan Caleg Pemilu 2024 Hubungi