Foto: klikdokter


NGOPILOTONG.COM   -   Kentang bisa menjadi bagian dari diet sehat untuk diabetes. Namun, penting untuk berhati-hati dalam menyiapkan kentang dan seberapa banyak Anda makan, terutama jika Anda menderita diabetes.


Pertama, gabungkan kentang dengan makanan lain dan nikmati sebagai bagian dari diet sehat yang kaya protein, serat, dan lemak sehat. Satu studi mengamati orang dengan diabetes tipe 2 yang diberi makan malam kentang rebus, kentang panggang, kentang yang didinginkan selama 24 jam, atau nasi basmati (yang memiliki indeks glikemik rendah dibandingkan dengan kentang). Setiap makanan terdiri dari 50% karbohidrat, 30% lemak, dan 20% protein. 


Oleh karena itu, tidak ada perbedaan kadar gula darah setelah ketiga kelompok mengonsumsi kentang. Selain itu, makan makanan dengan kentang rebus, panggang, atau rebus diikuti dengan penyimpanan dingin tidak terkait dengan kontrol glikemik semalam. Temuan utama dari penelitian ini adalah masyarakat mengonsumsi kentang dengan sumber lemak dan protein.



"Orang dengan diabetes masih bisa makan kentang sebagai bagian dari diet diabetes yang sehat," kata Mary Ellen Phipps, MPH, RDN, LD dan penulis The Easy Diabetes Cookbook. ." "Kita harus berpikir sedikit berbeda dari sebelum diagnosis." Misalnya, kentang goreng gurih atau kentang panggang dengan lemak jenuh seperti krim asam, keju, dan bacon mungkin bukan pilihan terbaik bagi penderita diabetes yang ingin makan sehat . 


"Kentang menyediakan vitamin, mineral, dan serat sendiri, tetapi tidak banyak protein atau lemak," Phipps memperingatkan. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes yang ingin mendapatkan manfaat dari kentang, kami sarankan untuk mengonsumsinya dengan protein seperti daging, ikan atau kacang-kacangan dan lemak sehat seperti alpukat atau minyak zaitun. Dua kombo favoritnya adalah "Kentang Panggang Isi Sayuran dan Daging Sapi Giling atau Ubi Jalar dengan Salmon dan Keju Feta."



Sayuran bawah tanah yang mudah ditemukan, murah, dan sangat serbaguna, kentang dapat disajikan dengan banyak cara, dari renda goreng yang renyah hingga sisi yang dihaluskan hingga sup krim dengan bacon dan daun bawang. Namun, kentang sendiri menawarkan nilai gizi yang sangat baik. Kentang merah-coklat berukuran sedang yang dikupas mengandung:


168 lebih banyak kalori

4 gram protein

0.2g adalah

39g karbohidrat

3 gram serat

Besi 1,83 mg (10% RDA)

888 mg kalium (34% RDA)

12 mg vitamin C (16% RDA)


Kentang menyediakan banyak nutrisi penting yang kita semua butuhkan, termasuk penderita diabetes. Namun, penting untuk diingat bahwa sayuran ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kentang tidak hanya tinggi karbohidrat tetapi juga dianggap sebagai makanan indeks glikemik tinggi. Artinya karbohidrat cepat diserap tubuh dan bisa menaikkan gula darah. Itulah mengapa penting untuk makan kentang dalam jumlah sedang, bersama dengan makanan yang lambat terbakar seperti sayuran dan protein bebas pati.





FOLLOW GOOGLE BUSSINESS DAN BERI ULASAN
FOLLOW NEWSLETTER KAMI
IKUTI KAMI DI TWITTER