NGOPILOTONG.COM      Bupati Sinjai, di wakili Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Drs Andi Ilham Abubakar, MH melaksanakan Panen Raya budidaya tanaman kedelai yang di gagas melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Makkuraga melalui program ketahanan pangan dan desa bertempat di lokasi ketahanan pangan Desa Lamattiriaja, Kecamatan Bulupddo, Selasa (4/10/2022).

 

Drs Andi Ilham Abubakar, MH


Panen raya tersebut turut dihadiri Camat Bulupoddo, Syahrul Paesa, Kepala Dinas Pertanian & TPH, H Kamaruddin Samma, Kepala OPD terkait, Pengurus BUMDES Makkuraga, para Kelompok Tani, Kepala Desa Lamatti Riaja Andi Mappaware.


"Oleh karena itu Pemerintah Daerah akan terus berupaya mengembangkan komoditi ini. Apalagi luas area yang mencapai 2 hektar dengan hasil produksi sekitar 1,6 ton ini sangat di harapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat utamanya bahan baku kedelai untuk di pasarkan," kata Ilham.



Di hadapan puluhan kelompok tani, Andi Ilham juga mengatakan dengan adanya penanaman kedelai ini di harapkan dapat meningkatkan produksi kedelai untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri tempe dan tahu di Sinjai apalagi selama ini bahan bakunya masih di pasok dari luar daerah.




Hal yang penting di ingatkan lanjut Ilham bahwa yang perlu di menjadi perhatian khususnya bagi penyuluh untuk terus berinovasi meningkatkan produksi dengan memanfaatkan potensi lokal dan ramah lingkungan.


Usai panen raya, di rangkaikan dengan penyerahan bantuan bibit kedelai oleh Bupati Sinjai yang di serahkan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, Drs Andi Ilham Abubakar, MH di saksikan Camat Bulupoddo dan Kades Lamattiriaja.



DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA