NGOPILOTONG.COM   -   Ada beberapa buah  bagi penderita hipoglikemik yang bisa dimakan secara teratur untuk mencegah dan mengobati tekanan darah rendah. Selain kemampuan untuk mengontrol tekanan darah, buah hipoglikemik juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Jika Anda dalam keadaan sehat, tekanan darah Anda juga bisa lebih stabil. 

 Hipotensi atau tekanan darah rendah adalah suatu kondisi dimana tekanan darah di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini bisa bermacam-macam penyebabnya, mulai dari dehidrasi hingga kekurangan nutrisi tertentu, seperti folat. Caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari dan  makan makanan yang sehat, salah satunya makan buah untuk menurunkan tekanan darah. 

Memilih buah untuk penderita darah rendah 

Kandungan nutrisi dalam buah dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga penderita darah rendah harus memakannya. Ada beberapa buah yang diketahui dapat mengobati tekanan darah rendah, yaitu:

 

 1. Semangka 



Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan volume darah dalam tubuh, yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi cukup cairan  dan mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, termasuk semangka. 

 Semangka mengandung 92% air dari jumlah total bahan yang dikandungnya serta nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium dan potasium. 


 2. Jeruk 



 Jeruk merupakan salah satu buah pilihan bagi penderita tekanan darah rendah karena  mengandung kadar folat yang  tinggi. Folat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. 

Penyebabnya adalah anemia atau kurang darah dapat menyebabkan tekanan darah rendah, sehingga makan jeruk dianggap dapat meminimalkan terjadinya hipotensi. 


 3. Bit 



Mirip dengan jeruk,  bit juga  tinggi folat, sehingga memakannya dapat membantu mengontrol tekanan darah. Satu cangkir atau 136 gram  bit mengandung sekitar 1

8 mcg folat. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir  bit, kebutuhan folat harian Anda telah terpenuhi sebesar 37%. 

 

4. Zaitun 



Zaitun tergolong buah yang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga baik untuk penderita tekanan darah rendah. Manfaat buah zaitun  berasal dari asupan natrium atau garamnya yang tinggi. 

Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa konsumsi  zaitun harus tetap  dibatasi. Hal ini karena mengonsumsi makanan tinggi garam dapat menyebabkan tekanan darah melonjak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. 

 5. Pepaya 


Pepaya juga mengandung folat yang cukup. Dalam 1 cangkir atau 140 gram pepaya, mengandung sekitar 53 mcg folat. Dengan cara ini, konsumsi buah ini dapat memenuhi kebutuhan folat harian, yang baik untuk mengontrol tekanan darah. 


 6. Stroberi 



Orang dengan tekanan darah rendah harus meningkatkan asupan buah-buahan yang banyak mengandung air dan asam folat. Stroberi merupakan salah satu buah yang mengandung cukup air dan folat, sehingga memakannya dapat meningkatkan tekanan darah. 

Kandungan air  stroberi adalah 91%, sedangkan kandungan folat sekitar 69-170 mcg per 100 gram stroberi. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh dehidrasi dan kekurangan nutrisi seperti folat. Jadi, buah-buahan yang bisa mengatasi tekanan darah rendah adalah  yang banyak mengandung air atau folat. 

Buah-buahan kaya air lainnya, seperti  melon, melon dan persik, juga baik untuk  penderita tekanan darah rendah. Hal yang sama berlaku untuk buah-buahan kaya  folat lainnya, seperti lemon, pisang, jeruk bali, dan  limau. 

Anda juga bisa menggunakan buah ini sebagai pilihan lain untuk mengobati tekanan darah rendah. Selain mengonsumsi buah-buahan untuk tekanan darah rendah, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung vitamin B12, seperti telur, daging, susu, dan produk olahan. 

Pada saat yang sama, konsumsi minuman berkafein atau  beralkohol harus dibatasi untuk  mencegah atau mengurangi gejala tekanan darah rendah. 

Jika Anda telah menerapkan gaya hidup sehat dan makan buah untuk mengobati tekanan darah rendah, tetapi tekanan darah Anda tetap rendah dan  aktivitas Anda terganggu, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dengan cara ini, dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab tekanan darah rendah Anda dan meresepkan perawatan yang tepat.




DAPATKAN UPDATE BERITA VIA NGOPILOTONG.COM, FOLLOW FACEBOOK KAMI

BAGI ANDA PECINTA KULINER RAHASIA KULINER ADALAH SOLUSINYA